Implementation of The Make A Match Method on Increasing Mathematics Learning Achievement about Multiplication of Numbers in class II Mathematics Learning at SDN 3 Mayonglor Semester 2 2020-2021

Yuni Rahmawati

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang menarik untuk dipelajari, namun terkadang para siswa ada yang kesulitan mempelajari mata pelajaran matematika. Seperti halnya siswa kelas II SDN 3 Mayonglor yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika tentang perkalian bilangan. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran pra siklus, di mana hasil tes formatif siswa masih banyak yang di bawah KKM, dari 38 siswa hanya 20 siswa saja yang nilainya sama dengan atau lebih dari nilai KKM, sedangkan 18 siswa lainnya mendapat nilai di bawah KKM. Nilai rata - ratanya hanya 64. Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui perbaikan pembelajaran. Pada perbaikan pembelajaran ini, penulis menggunakan 2 siklus. Pada perbaikan pembelajaran siklus 1 penulis menggunakan media kartu dan model pembelajaran Make A Match. Pada tahap siklus 1 terlihat adanya peningkatan pada hasil tes formatif yang semula pada tahap pra siklus nilai rata – rata kelas hanya 64 meningkat menjadi 82, sedangkan tingkat ketuntasan siswa pada tahap pra siklus hanya 53% meningkat menjadi 76%. Kemudian, perbaikan pembelajaran dilanjutkan pada tahap siklus 2, dan terlihat ada peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata meningkat dari 84% menjadi 92%.

Keywords

hasil belajar, perkalian bilangan, model pembelajaran make a match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.