Efforts to improve Mathematics Learning Outcomes through Contextual Approach

Yayuk Paragawati

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas I SD N Lerep 01 dari data hasil ulangan materi panjang dan berat, hasil belajar siswa masih rendah. Presentase ketuntasan hanya 13 siswa (46%) dari 28 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas I SD N Lerep 01 Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas I semester 2 SD N Lerep 01. Jumlah siswa kelas I adalah 28, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dalam waktu dua hari yaitu Siklus 1, Senin, 1 Februari 2021, Siklus 2, Kamis, 11 Februari 2021. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas meningkat dari 65,18 menjadi 72,29 pada Siklus I, dan 85,36 pada Siklus II. Peningkatan hasil belajar dari sebelum perbaikan dengan ketuntasan belajar 46%, pada perbaikan Siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 68% , pada perbaikan pembelajaran Siklus II meningkat lagi menjadi 96%. Penelitian ini menyimpulkan Pendekatan konstekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang Panjang dan berat di kelas I semester 2 SD N Lerep 01 Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords

hasil belajar, panjang dan berat, pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.