Efforts to Improve Standard Jumping Learning Outcomes through Funnel Media in The Remain of Class XII of MIPA 1 SMAN 2 Cepu Academic Year 2022/2023

Mustofa Mustofa

Abstract

Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini membuktikan penggunaan sarana pembelajaran dengan corong dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit pada siswa kelas XII IPA 1 SMA N 2 CEPU. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar lompat jangkit. Tujuan secara khusus untuk memperbaiki langkah-langkah awalan dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan rangkaian gerak lompat jangkit melalui penggunaan sarana pembelajaran dengan corong. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA 1 dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi. Hasil kegiatan pembelajaran serta analisis yang telah dilakukan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan corong memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat.

Keywords

Pendidikan jasmani, metode penggunaan corong

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.