Increasing Learning of Plants Structure Materials and Its Functions Through Inquiry Method in Class IV Students Of SD Mintaragen 1, Tegal City

Dwi Ratnawati

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi struktur tumbuhan dan fungsinya disebabkan pembelajaran kurang menarik, monoton ,tidak menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang kurang tepat.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Mintaragen 1 kota Tegal semester I tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 30 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Perbaikan Pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry.Pelaksanaan penelitian berupa tindakan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data menggunakan data secara kuantitatif dan kualitatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Tingkat ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 40% (12siswa) dan meningkat, pada siklus I sebesar 73,3% (22siswa), pada siklus II sebesar 86,6% (26 siswa). Aktivitas belajar juga meningkat dari 63,05% (pra siklus) menjadi 71,11% (siklus I) dan meningkat lagi sebesar 79,16% (siklus II). Sedangkan performansi guru juga meningkat dari 80,79% (siklus I) menjadi 82,41 (siklus II).Pembelajaran materi struktur tumbuhan dan fungsinya melalui metode inquiry telah meningkatkan pembelajaran siswa.

Keywords

pembelajaran IPA, struktur tumbuhan dan fungsinya, metode inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.