The Low Reading Interest Of Fifth Grade Students at Sd Negeri Kalipucang Kulon, Batang District, Batang Regency

Joni Setiawan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada tema 2 sub tema 1 pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalipucang Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Salah satu solusi untuk masalah ini untuk implementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya minat belajar siswa pada tema 2 sub tema 1 pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalipucang Kulon dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kemampuan pre- action minat siswa dalam belajar tema 2 sub tema 1 pada siswa kelas 5 SD Negeri Kalipucang Kulon masih mencapai persentase 59% atau diklasifikasikan sebagai kurang minat. Pada siklus pertama, meningkat menjadi 75% atau tergolong cukup tertarik. Pada siklus kedua, kemampuan minat siswa dalam mempelajari tema 2 sub tema 1 pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalipucang Kulon dikategorikan sangat menarik dengan persentase 91,43%.

Keywords

model koperatif tipe scramble, minat belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.