Application of the Course review horay Method to Improve Student's Understanding about the Materials Summary of Fractions Class IV at SDN 03 Koripan Matesih

Siti Rahayu

Abstract

Penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah sikap kurang antusias siswa, rendahnya respon umpan balik siswa terhadap pertanyaan guru dan kurangnya konsentrasi perhatian siswa pada pembelajaran matematika serta rendahnya nilai yang dicapai siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Koripan dengan metode pembelajaran course review horay. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 60 sebanyak 10 siswa atau 37%. Pada siklus I prestasi belajar siswa 67%, dan siswa memiliki rata-rata peningkatan pemahaman mencapai 67%. Pada siklus II mencapai 85% siswa mencapai nilai di atas KKM, hasil prestasi belajar siswa mencapai 96%, sedangkan prosentase pemahaman siswa rata-rata mencapai 96%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran course review horay dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 03 Koripan pada mata pelajaran matematika sehingga prestasi belajar siswa juga meningkat.

Keywords

pemahaman, prestasi belajar, matematika, pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.