Early Writing Learning Using a Contextual Approach Assisted by ICT Media for Grade IV Elementary Schools

Siti Hety Rochaeti

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif berupa mendeskripsikan, mempraktekan dan rnengujicobakan data yang telah penulis susun. Tujuan yang ingin dicapai dari penlitian ini adalah (1) untuk memperoleh deskripsi data pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menulis deskripsi berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan kontektual dan (2) mengetahui perbedaan setelah menggunakan pendekatan kontektual dengan sebelum menggunakan pendekatan kontekstual. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menulis deskripsi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas V SDN 108 Ciumbuleuit Bandung berjalan dengan baik dan lancar sesuai alokasi waktu. Hasil pembelajaran menulis deskripsi berdasarkan 2013 pada kelas V SDN 108 Ciumbuleuit Kota Bandung tahun pelajaran 2019/2020 menunjukan perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test (2,7) dan nilai rata-rata post-test (4,6). Selisih mean pre-test dan post-test mencapai 2,46. Nilai t hitung = 18,72 > t table = 2,0195 dengan derajat kepercayaan 95% sehingga hipotesis terbukti.

Keywords

pendekatan kontekstual, media ICT, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.