The Use of Animated Image Media in Science Lessons in Elementary Schools
Abstract
Mengajar Sains di SD sering menggunakan konsep tidak secara nyata dan prosesnya sering tidak dapat dilihat atau disentuh. Dengan mengembangkan aplikasi, dan berbasis web memungkinkan guru dan pendidik untuk menyajikan sebuah animasi yang menarik dalam menggambarkan peristiwa alami yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kami mengevaluasi studi berbasis animasi film ke dalam pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Tujuan nya adalah untuk mengintegrasikan animasi film terhadap pandangan mereka tentang peran animasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Kami juga bertujuan untuk menyelidiki pengaruh film animasi pada siswa terutama 'hasil belajar’. Menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, kami melakukan diskusi informal dengan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Guru memberikan pertanyaan sebelum dan sesudah terhadap siswa dan dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimental. Para siswa kelompok eksperimen mempelajari ilmu dengan menggunakan film animasi dalam kegiatan tambahan setidaknya sekali seminggu. Sedangkan, siswa kelompok kontrol menggunakan buku saja dalam pelajaran dan gambar yang ada dibuku untuk belajar ilmu pengetahuan. Temuan menunjukkan bahwa film animasi mendukung penggunaan beragam strategi pengajaran dan metode pembelajaran, dan dapat mempromosikan keterampilan berpikir di kalangan siswa. Temuan ini juga mengidentifikasi bahwa animasi dapat meningkatkan keingintahuan ilmiah, bahasa ilmiah, dan mendorong berpikir ilmiah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.