The Use of Monopoly Learning Media in Increasing the Learning Motivation of Elementary School Students
Abstract
Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa agar siswa semangat dan dapat menerima pembelajaran dengan baik, tentunya dengan hasil belajar yang meningkat. Namun kenyataannya siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran. Maka penggunaan media pembelajaran monopoli diindikasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Penelitian ini diawali dengan mencari topik yang relevan guna memudahkan penulis dalam mengumpulkan data. 3 hasil penelitian yang telah dianalisis penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Sebelum melaksanakan permainan siswa diminta untuk mempelajari materi dengan baik. Dari hasil meta analisis yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli cukup efektif dan bisa menjadi salah satu pilihan guru untuk dijadikan media saat proses belajar mengajar. Siswa juga mempunyai pengalaman yang berbeda dalam proses pembelajaran dalam penggunaan media melalui belajar dengan bermain sehingga dapat menambah minat belajar siswa. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan mudah selama.proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.