Improvement of speaking ability (Procedural Text) through TPR plus Speaking method for Students of SMP Negeri 2 Bangkurung
Abstract
Untuk menguasai materi pelajaran Bahasa Inggris terdapat empat keterampilan berbahasa, yakni: Listening, Speaking, Reading dan Writing. Keempat keterampilan berbahasa tersebut, Speaking (berbicara) adalah salah satu kemampuan berbahasa yang dominan menjadi masalah bagi siswa dalam proses pembelajaran. Peneliti ingin meningkatkan keterampilan speaking teks prosedur melalui metode TPR Plus Speaking. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah upaya meningkatkan kemampuan speaking (teks prosedur) siswa dengan penggunaan metode pembelajaran TPR Plus Speaking. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem spiral refleksi diri yang terdiri dari rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, kemudian dari refleksi dijadikan dasar dalam menentukan perencanaan pada siklus berikutnya. Hasil dari data kuantitaf menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran TPR Plus Speaking dapat meningkatkan keterampilan speaking siswa. Keaktifan siswa kelas IX semester 1 di SMP Negeri 2 Bangkurung pasca penggunaan metode TPR Plus Speaking menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dalam keterampilan berbicara (teks prosedur) untuk pembelajaran speaking, selain itu metode ini juga membangkitkan semangat dan rasa percaya diri dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai data keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar di kelas dari 61 % meningkat menjadi 80,55% di akhir siklus.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.