STEM Learning Approach to Improve Mathematics Learning Outcomes in Class VI SDN Mulyasari Patokbeusi

Aryani Aryani

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Mulyasari Patokbeusi menuntut guru untuk melakukan inovasi dan perbaikan proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dipilih adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran STEM yaitu pendekatan pembelajaran yang menggabungkan Sains, Teknologi, Enjinering, dan Matematika ke dalam metode pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Pendekatan pembelajaran STEM dipilih sebagai alternatif pemecahan masalah karena diyakini dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, membantu siswa memahami materi melalui proyek pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana siswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk memecahkan masalah yang dekat dengan kehidupan nyata, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam hal ini mata pelajaran Matematika kelas VI semester 1. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada KD Pengetahuan, KD Keterampilan dan sikap. Ketuntasan KD Pengetahuan pada siswa meningkat dari 20% menjadi 85%, Ketuntasan KD Keterampilan siswa meningkat dari 15% menjadi 80% . Begitu juga dengan sikap siswa mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada sikap percaya diri meningkat dari 45% menjadi 95% dan disiplin dari 50% menjadi 100%.

Keywords

STEM, motivasi, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.