Learning Inquiry on Science Lesson Content to Improve Student Learning Outcomes at SDN Mranggen 4 Academic Year 2021/2022

Muhammad Nasir

Abstract

IPA dilakukan pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yang dilakukan oleh guru. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Maka dari itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan peran peserta didik secara aktif, dimana akan memudahkan seorang guru dalam proses belajar mengajar, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry yang dilaksanakan pada dua siklus. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang dalam siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran inquiry pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dikelas IV berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 93% dan hasil observasi peserta didik pada siklus I sebesar 69,4% dan pada siklus II sebesar 94%. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik ini dibuktikan dengan perolehan prosentase pada siklus I sebesar 70% dan hasil prosentase pada siklus II sebesar 80%.

Keywords

IPA, hasil belajar, metode inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.