The Application of the Teaching Game for Understanding (TGfU) Learning Model to Increase Learning Purposes for V-Grade Students of SDN Sampangan, Surakarta in the Materials of the Long Jump Academic Year 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tujuan pembelajaran siswa kelas V SDN Sampangan pada materi lompat jauh tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGfU). Ada 28 siswa kelas V SDN Sampangan. Berdasarkan pengamatan nilai-nilai sebelumnya, diketahui bahwa hanya 25% siswa yang mencapai ketuntasan pada materi lompat jauh. Sedangkan 75% siswa harus melakukan remedial. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran ketuntasan minimal siswa belum berhasil sehingga guru harus memikirkan kembali tentang gerakan-gerakan dasar dan metode yang tepat dalam pembelajaran untuk target ketuntasan. Peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGfU) untuk meningkatkan tujuan pembelajaran lompat jauh siswa kelas V SDN Sampangan tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan siklus I yang dilanjutkan dengan siklus II dapat disimpulkan “Penerapan model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGfU) pada siswa kelas V SDN Sampangan Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan tujuan pembelajaran lompat jauh.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.