Increasing Interest And Mathematics Learning Outcomes About Data Processing Through Jigsaw Learning Model Students Of Class VI SD Bhakti Mulia Mejasem, Kramat 2021

Fransiska Sri Hartini

Abstract

Materi pembelajaran pengolahan data kelas VI SD Bhakti Mulia menunjukkan minat belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dari 18 siswa hanya 8 siswa atau 44,44% yang tuntas dan nilai rata-rata hanya 54,72 masih di bawah KKM sebesar 66. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Bhakti Mulia Mejasem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa Pedoman Observasi, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil belajar minat belajar anak rata-rata awal 57,64% pada siklus I 65,28% menjadi 72,57% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa awal adalah 55,56% pada siklus I, 61,11% menjadi 88,89% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini dapat berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD Bhakti Mulia Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Keywords

meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang pengolahan data melalui model pembelajaran jigsaw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.