The Effect of Ice Breaking on Learning Outcomes of Elementary School Students in Thematic Learning
Abstract
Pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses pembelajaran di sekolah. Saat proses pembelajaran guru masih menerapkan metode ceramah terkait materi yang ada di buku (teacher centered) sehingga siswa kurang terlibat aktif. Kurang terciptanya pembelajaran yang menyenangkan turut menyebabkan siswa tidak dapat berkonsentrasi dan fokus. Akibatnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan sifat eksperimen. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini mengambil populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes bertujuan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 65,764, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 78,117. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan sebesar 12,353. Untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking dilakukan analisis data menggunakan uji t (paired sample t test). Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II SD Islam Rumpun Muslim semester genap tahun pelajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.