The Best Experience in Managing Character Education Programs Collaborating with the Implementation of the Lisa Program

Nur Ahdiani

Abstract

Implementasi pendidikan karakter dikembangkan tidak dalam bentuk subject matter atau mata pelajaran yang berdiri sendiri, tetapi lebih pada proses integritasi di berbagai ranah pembelajaran dan proses pendidikan sejak siswa masuk gerbang sekolah sampai jam pulang berdentang. Implementasi, pengembangan, dan optimalisasi pendidikan karakter dilakukan melalui integrasi proses pendidikan. Proses tersebut dilakukan dengan memasukkan nilai- nilai/dimensi pendidikan karakter dengan program-program yang ada. Menumbuhkan rasa cinta kebersihan merupakan bentuk manifestsai cinta tanah air sebagaimana dimensi pendidikan karakter dan budaya bangsa. Program LiSA merupakan salah satu program yang dapat diterapkan dalam menumbuhkan rasa cinta kebersihan sehingga peserta didik terbiasa melihat kebersihan dimanapun berada. Pelaksanaan program LiSA tidak terbatas pada peserta didik, tetapi mengikat seluruh warga sekolah tanpa terkecuali. Program LiSA sebagai kepanjangan dari Lihat Sampah, Ambil! seyogyanya dapat menjadi bentuk solusi dan inovasi terhadap implementasi program praktis operasional di tingkat satuan pendidikan. Implementasi program LiSA guna mengoptimalkan pelaksanaan program pendidikan karakter dilakukan selama periode tertentu sehingga setelah pelaksanaan program tersebut, seluruh warga sekolah sudah terbiasa dan dapat juga menerapkannya diluar lingkungan sekolah.

Keywords

peserta didik, pendidikan karakter, budaya bangsa, kebersihan, LiSA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.