Development of an English Learning Model Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) for Students of SMP Negeri 3 Mambi

Muh Saleh

Abstract

Penerapan kurikulum K13 , guru-guru dituntut untuk melakukan perubahan sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum itu. Namun, kenyataan di lapangan tidak seperti apa yang diharapkan. Selain itu, masih banyak guru yang menggunakan materi dan alat bantu pembelajaran yang tidak kontekstual sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan utama dalam penulisan ini adalah menghasilkan: (1) RPP (Lesson Plan) untuk siswa SMP, (2) lembar kerja Siswa (Student Worksheet); dan buku siswa berbasis CTL. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) Hasil analisis yaitu 1) salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dan kemampuan berpikir kritis mereka adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbahasa Inggris berbasis CTL; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakmampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.Hal ini berbeda dengan proses pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran berbasis CTL siswa memiliki peluang untuk berbicara dan berpikir secara kritis untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi secara nyata di depan teman-teman kelasnya untuk mempertahan hasil proyek.

Keywords

pembelajaran berbasis CTL, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.