Efforts to Increase Mathematics Learning Outcomes by Using Images in Class IV Students

Sulis Khisbiyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Gebang 1 melalui media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif, dimana guru bertindak sebagai pengamat dan peneliti sebagai pelaksana pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas ini berjumlah 24 siswa kelas IV SD Negeri Gebang 1. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui media gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berupa gambar dalam pembelajaran matematika dengan cara guru menempelkan gambar di papan tulis kemudian siswa mendiskusikannya, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gebang 1, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal adalah 25%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebesar 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM klasikal siswa sebesar 83,3% yang berarti meningkat sebesar 33,3% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu KKM minimal klasikal siswa kelas IV SD Negeri Gebang 1.

Keywords

hasil belajar matematika, media gambar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.