Improving the Social Skills of Elementary School Students through Guided Inquiry Learning Based on Multiple intelligences

Nur Aisiyah Zuni Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa SD melalui pembelajaran model inkuiri terbimbing berbasis multiple intelligence. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan, Kabupaten Magelang pada pembelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literature review. Penelitian ini diperoleh dari artikel relevan melalui google schoolar dan library genesis berjumlah 20. Artikel tersebut memuat penelitian tentang inkuiri terbimbing terdapat 7 artikel. Sedangkan penelitian tentang multiple intelligence terdapat 5 artikel. Sementara penelitian tentang keterampilan sosial terdapat 10 artikel. Kemudian artikel-artikel tersebut diseleksi dengan beberapa kriteria kelayakan yang sudah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dengan menemukan konsep, ide/gagasan melalui pertanyaan atau permasalahan yang diberikan oleh guru. Sementara itu, pembelajaran yang dipadukan dengan multiple intelligences dapat menjadi terobosan baru yang dapat diterapkan di sekolah yang dapat meningkatkan hasil belajar serta keterampilan siswa.

Keywords

model inkuiri terbimbing, multiple intelligence, keterampilan sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.