Group Counseling to Improving Self-Esteem of Students
Abstract
Self-esteem berperan penting dalam proses pengembangan diri siswa untuk mencapai keberhasilan dalam aspek akademik, kesehatan mental serta hubungan kemasyarakatan. Salah satu layanan BK yang tepat untuk meningkatkan self-esteem siswa yaitu layanan konseling kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel terkait dengan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self-esteem siswa dan bagaimana keefektifan konseling kelompok untuk meningkatkan self-esteem siswa. Pada penelitian ini hasil yang ditemukan yaitu terdapat teknik yang dianggap efektif untuk menangani siswa yang memiliki masalah mengenai self-esteem yaitu assertive training, role playing, modeling, teknik empty chair dan role revelsal, self instruction dan thought stopping dan teknik expressive writing. Layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self-esteem siswa juga dapat digunakan pada berbagai jenjang mulai dari SD, SMP dan SMA.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.