Improving Student Empathy Through Group Counseling Services: A Systematic Literature Review (SLR)

Ahmad Khoiri, Nurul Azizah Nuraini, Tamara Salsabilla, Ulya Makhmudah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa empati peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR-Tinjauan Pustaka Sistematis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dinilai efektif untuk meningkatkan rasa empati peserta didik. Serta terdapat pula teknik yang digunakan, yaitu teknik sosiodrama, values clarification, teknik konseling kelompok behavioral, teknik role playing, dan juga teknik modelling. Dan teknik yang dirasa paling efektif dan banyak digunakan adalah teknik sosiodrama. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya agar artikel ini dapat digunakan sebagai acuan atau sumber referensi di bidang yang sama.

Keywords

rasa empati, teknik, konseling kelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.