The Significance of Local Folklore Reconstruction to Imbue Pancasila on Early Age Students in Elementary School

Khoirun Naimah, Demi Pristifona, Wiedy Putri Fauziah

Abstract

Peran Pancasila dalam era pendidikan saat ini dibutuhkan untuk menanggulangi degradasi moral siswa dengan kemajuan era disrupsi berdampak pada berbagai bidang yang ada, salah satunya di bidang pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan terhadap budaya lokal dengan membiasakan pendidikan kearifan lokal sejak dini, sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diindoktrinasi untuk membentuk karakter siswa guna mencegah terjadinya degradasi moral di Sekolah Dasar. Berkaitan dengan hal tersebut maka digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan riset fenomenologi di Sekolah Dasar. Data penelitian berupa ungkapan deskriptif oleh beberapa informan yang menggambarkan peran Pancasila. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila kepada siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran yang menyenangkan adalah konsekuensial dan terlaksana dengan baik. Dengan demikian, menciptakan paradigma baru seiring dengan pesatnya kemajuan zaman modern, siswa Sekolah Dasar dapat terus menumbuhkan nilai-nilai moral dan agama sesuai dengan budaya sopan santun dan etika. Siswa juga dapat memahami 6 pilar profil pelajar pancasila yang menjadi tolak ukur pengembangan karakter siswa, telah dilaksanakan di sekolah ataupun di rumah.

Keywords

Budaya lokal, profil pelajar pancasila, era disrupsi, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.