Peran Guru Sejarah dalam Mempersiapkan Generasi Emas
Abstract
Guru sejarah di era globalisasi saat ini dapat menawarkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Guru sejarah dapat berkreativitas dengan memanfaatkan atau menciptakan sebuah media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik sehingga akan mencetak generasi emas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data. Data ditinjau dan diselidiki dalam tiga tahap; umum, eksploratif, dan fokus belajar. Peran guru sejarah dalam mempersiapkan generasi emas; 1. Merawat ideologi Pancasila, dengan cara guru sejarah menyampaikan materi sejarah lahirnya Pancasila, 2. Meningkatkan Nasionalisme, guru sejarah dapat melakukan pembelajaran sejarah nasional, 3. Memelihara Sikap Toleransi, guru sejarah dapat memberikan pemahaman sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Keywords
Guru Sejarah, Generasi Emas, Pancasila, Nasionalisme, Toleransi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.