Membangun Generasi Tangguh Melalui Pembelajaran IPS Terintegrasi Isu Kesetaraan Gender
Abstract
Membangun generasi yang tangguh di tengah derasnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya membutuhkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, tetapi juga sinergi yang baik dalam lingkup generasi itu sendiri tanpa adanya bias gender. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi isu kesetaraan gender dalam pembelajaran IPS sebagai upaya membangun generasi tangguh. Melalui studi pustaka, kajian ini berusaha memaparkan potret kesetaraan gender di Indonesia dan pentingnya isu tersebut untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS. Dengan demikian, diperoleh hasil bahwa bias gender masih banyak ditemui di berbagai sektor, sehingga perjuangan akan kesetaraan gender masih harus melalui jalan yang panjang. Oleh karena itu, pembelajaran IPS menjadi sarana formal untuk menyuarakan pentingnya kesetaraan gender, sebuah realita yang harus diwujudkan guna mengoptimalkan lahirnya generasi tangguh dan generasi emas Indonesia di masa depan.
Keywords
Gender, Pembelajaran, IPS, Generasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.