Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring di Kelompok Bermain (KB) Ki Hajar Dewantara dalam Pengembangan Karater Anak

Turiyah Turiyah

Abstract

Kelompok Bermain Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu KB Unggul yang ada di Gandungmangu Cilacap. Selama pandemi, KB Ki Hajar Dewantara menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem pembelajaran daring di KB Ki Hajar Dewantara dalam upaya mengembangkan karakter anak.  Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar observasi. Wawancara dan observasi dilakukan secara bersamaan dengan meninjau dokumen-dokumen yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring dalam mengembangakan karakter anak di KB Ki Hajar Dewantara menunjukkan kategori baik. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan meliputi partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring, kualitas materi yang diberikan guru selama pembelajaran daring, dan strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak.

Keywords

evaluasi, sistem pembelajaran daring, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.