Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Futsal
Abstract
Implementasi kurikulum 2013 menganjurkan model pembelajaran khas seperti inkuiri. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) ruang lingkup materi dalam permainan olahraga bola besar salah satunya futsal. Permainan futsal yang begitu dinamis memerlukan kreativitas, kecermatan dan ketepatan proses berpikir sehingga perlu diberikan stimulus yang kontinyu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran futsal. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan sample 30 siswa kelas X SMA Negeri 1 Garawangi. Teknik pengambulan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen untuk mengukur pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa berupa observasi menggunakan games performance assessment instrument (GPAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran futsal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.