Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Abad Ke-21

Eva Oktaviana, Chrisnaji Banindra Yudha

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0 perkembangan informasi dan teknologi telah merubah wajah dunia. Salah satunya dunia pendidikan, dimana pendidik harus melek teknologi untuk meningkatkan pembelajaran. Tujuan artikel untuk menelaah lebih mendalam mengenai Teknological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).TPACK merupakan sebuah kerangka kerja pembelajaran yang mengintegrasikan pengetahuan konten, pedagogi, dan teknologi dalam pembelajaran tertentu. Kerangka kerja ini penting untuk mengembangkan kompetensi pendidik pada pembelajaran abad 21. Metode menggunakan kajian pustaka, yaitu menelaah 5 jurnal nasional selanjutnya di analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil kajian terkait TPACK yaitu: 1) Merupakan jenis pengetahuan yang baru untuk pendidik; 2) Merupakan kerangka kerja dengan mengintegrasikan pengeatahuan konten, pedagogi dan teknologi; 3) Memberikan keuntungan bagi pendidik; 4) Pendidik dapat mengetahui tingkat pengetahuan peserta pendidik; 5) pendidik mengetahui lima kriteria untuk merancang pembelajaran berbantuan teknologi, Jadi TPACK dapat digunakan pendidik abad 21 untuk dijadikan kerangka pembelajaran yang efektif dan menarik.

Keywords

TPACK, pembelajaran, abad ke 21

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.