Mathematics Textbooks: an Ideal Overview of Mathematical Literacy

Atika Susanti, Resnani Resnani, Neza Agusdianita

Abstract

Tantangan abad 21 menuntut pendidikan menyiapkan peserta didik untuk menghadapi masalah yang yang semakin kompleks. Pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan  dalam melihat peluang masa depan. Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh peserta didik untuk melihat peluang masa depan. Untuk itu, sumber belajar yang tersedia di sekolah harus mampu mendukung peserta didik untuk melatih keterampilan tersebut. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku ajar Matematika yang ideal untuk mengembangkan literasi matematika peserta didik sekolah dasar. Hasil studi ini adalah rekomendasi buku ajar yang dapat melatih kemampuan literasi matematika setidaknya berisi tiga indikator, yaitu: proses, konten, dan konteks. Selain itu, buku ajar untuk literasi matematika di sekolah dasar juga harus dimulai dan berisi konten dalam konteks nyata dalam kehidupan peserta didik.

Keywords

buku ajar matematika, literasi matematika, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.