Improving Student Learning Creativity By Using Project-Based Learning
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah komputer grafis melalui model Project Based Learning. Model Project Based Learning adalah salah salah satu model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kreativitas pembelajaran mahasiswa karena menekankan pada pendekatan kontekstual yang kompleks. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan administrasi perkantoran semester V FKIP UNS dengan jumlah 41 mahasiswa. Kriteria rata-rata krativitas dan ketuntasan pada penelitian ini sebesar 75%. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui mata kuliah komputer grafis yang dibuktikan dengan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 12% dan terdapat peningkatan jumlah mahasiwa yang tuntas sebanyak 15 mahasiswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kreativitas mahasiswa meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.