Eksplorasi Nilai-Nilai Asthabrata Sebagai Pendidikan Antikorupsi

Rizki Rian Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan antikorupsi berlandaskan nilai-nilai filosofi Astha brata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif. Sumber data diperoleh melalui studi kepustakaan. Nilai-nilai yang terkandung dalam Astha Brata menjadi pedoman dalam menyelenggarakan pendidikan antikorupsi. Salah satu tujuan pendidikan antikorupsi adalah menyiapkan pemimpin masa depan yang bebas dari tindakan korupsi. Nilai-nilai yang terkandung dalam Astha brata sebagai bentuk pengendalian diri bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang tidak memiliki landasan yang kuat dalam diri maka akan mudah tergoda oleh materi yang berada disekitarnya. Seorang pemimpin tidak bisa dipisahkan dari materi. Dengan materi tersebut, tentu tidak semua menjadi haknya, jika tidak memiliki pengendalian diri yang kuat maka mudah sekali melakukan tindakan korupsi. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang ideal diharapkan memiliki sifat dari delapan dewa dalam agama Hindu yang terdiri dari Indra Brata, Yama Brata, Surya Brata, Candra Brata, Bayu Brata, Kuwera Brata, Baruna Brata, dan Agni Brata. Di dalam nilai tersebut mengandung makna bagaimana menjadi pemimpin yang ideal yang bisa dicontoh.

Keywords

Nilai-nilai Astha Brata, Kepemimpinan, Pendidikan Antikorupsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.