Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Astha Brata Sebagai Penguatan Sikap Kepemimpinan SISWA SMA

Muhammad Fitri

Abstract

Astha Brata merupakan delapan sifat atau watak (ambeg) delapan dewa yaitu Wisnu (Bumi), Bayu (Angin), Baruna (Samudera), Candra (Bulan), Surya (Matahari), Indra (Langit), Agni (Api) dan Ismaya (Bintang). Dimana terdapat nilai-nilai yang bersifat Adiluhung yang perlu ditanamkan kepada siswa selaku generasi penerus yang akan menjadi pemimpin bangsa ini melalui pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah  literature Review yang terdiri dari lima tahap meliputi: (1) Mendefinisikan ruang lingkup topik yang akan direview, (2) Mengidentifikasi sumber-sumber yang relevan, (3) Mereview literatur, (4) Menulis review dan (5) Mengaplikasikan literatur pada studi yang akan dilakukan. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Astha Brata sebagai penguatan sikap kepemimpinan siswa SMA. Hasil literature Review menunjukkan bahwa nilai-nilai Astha Brata penting untuk ditanamkan kepada siswa. Berdasarkan hasil literature Review, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Astha Brata berperan penting sebagai penguatan sikap kepemimpinan siswa SMA.

Keywords

Pembelajaran Sejarah, Astha Brata, Penguatan Sikap Kepemimpinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.