Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Materi Tentang Kerja Sama Asean Di Kelas VI SD Laboratorium UNG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar peserta didik kelas VI SD Laboratorium UNG Kota Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS masih dalam kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dari masih rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada saat observasi awal, dengan taraf persentase 33,4 % dari 26 peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan sebesar 38 % pada siklus I pertemuan pertama, 42 % siklus I pertemuan kedua dan 50% pada siklus I pertemuan ketiga. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama peningkatan hasil belajar mencapai 63 %, pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan hingga 75% dan pada siklus II pertemuan ketiga mengalami peningkatan hingga 88 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual materi pekerjaanku dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas VI SD Laboratorium UNG.
Keywords
Media audio visual, hasil belajar peserta didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.