Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together Pada Muatan Pelajaran Matematika Tentang Keliling Bangun Datar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SD YPS Singkole
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Menentukan Keliling Bangun Datar dengan menggunakan Model Number Heads Together, yang mengarahkan siswa untuk aktif, baik dalam bekerja sama, tanya jawab, mencari jawaban, menjelaskan dan juga memperhatikan materi yang dijelaskan oleh teman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilakukan melalui 3 siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evalusi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang dicapai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus 1 presentasi aktivitas siswa 57,7%. Pada siklus II presentasi aktivitas siswa 69,5%, dan pada siklus III, presentasi aktivitas siswa 80%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Number Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya Mupel Matematika kelas III SD YPS Singkole.
Keywords
Hasil belajar, Number Heads Together
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.