Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
Abstract
Penelitian dilakukan di SDN 1 Nanggela dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada satu siklus terdiri dan 2 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian (UH). Dengan diterapkan model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dari skor dasar meningkat pada siklus I sebesar 11,98% menjadi 80,00. Dari skor dasar ke ulangan harian II meningkat sebesar 14,59% menjadi 81,86%. Aktifitas guru pada Siklus I, pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 15,79% dari 67,86% menjadi 78,57%. Pada Siklus II, Peningkatan 8,33% terjadi pada pertemuan satu sampai kedua dari 85,71% menjadi 92,86%. Aktifitas siswa pada Siklus I, pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 18,75% dari 57,14% menjadi 67,86%. Pada siklus II pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 13,64% dari 78,57% menjadi 89,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN 1 Nanggela.
Keywords
sekolah dasar, discovery learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.