Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model Improves Students' Cooperation Attitude

Indah Irawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil kerjasama peserta didik di kelas V SDN 165 Bira Kabupaten Bulukumba. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 orang. pengambilan data dilakukan  dengan menggunakan lembar observasi  berisi tingkah laku peserta didik selama kegiatan belajar. Melalui kegiatan observasi ditemukan informasi bahwa ada dua faktor yang memepengaruhi kemampuan bekerjasama peserta diidk yaitu faktor dari Guru dan faktor dari peserta didik itu sendiri.  Faktor dari guru terdiri atas :(1) guru kurang melibatkan peserta didik  secara aktif dalam pembejajaran, (2) Guru kurang meberikan kesempatan kepada peserta didik.(3) guru kurang menggunakan model pembejaran yang berfareiasi, (4) Penggunaan model/ metode yang monoton. Adapun pada aspek peserta didik: (1) peserta didik  kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, (2) peserta didik  kurang berinteraksi dengan teman sebayanya, ( 3) peserta didik  hanya menyelesaikan tugas secara mandiri, ( 4) kurangnya sikap kerjasama dalam menghadapi masalah.

Keywords

Problem based learning, hasil kerjasama peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.