Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model Improves Students' Cooperation Attitude
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil kerjasama peserta didik di kelas V SDN 165 Bira Kabupaten Bulukumba. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 orang. pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi berisi tingkah laku peserta didik selama kegiatan belajar. Melalui kegiatan observasi ditemukan informasi bahwa ada dua faktor yang memepengaruhi kemampuan bekerjasama peserta diidk yaitu faktor dari Guru dan faktor dari peserta didik itu sendiri. Faktor dari guru terdiri atas :(1) guru kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembejajaran, (2) Guru kurang meberikan kesempatan kepada peserta didik.(3) guru kurang menggunakan model pembejaran yang berfareiasi, (4) Penggunaan model/ metode yang monoton. Adapun pada aspek peserta didik: (1) peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, (2) peserta didik kurang berinteraksi dengan teman sebayanya, ( 3) peserta didik hanya menyelesaikan tugas secara mandiri, ( 4) kurangnya sikap kerjasama dalam menghadapi masalah.
Keywords
Problem based learning, hasil kerjasama peserta didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.