Desain Didaktis Pada Konsep Perkalian Bilangan Bulat Di Kelas VI
Abstract
Tulisan ini dilatarbelakangi hasil penelitian bahwa konsep perkalian bilangan bulat merupakan salah satu operasi hitung bilangan bulat yang membuat siswa mengalami hambatan belajar (Learning obstacle) dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang desain didaktis konsep perkalian bilangan bulat berdasarkan kajian Learning Obstacle. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka perlu adanya alternatif pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami konsep perkalian bilangan bulat. Salah satu alternatif desain pembelajaran yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan Didactical Design Research disertai dengan penggunaan kartu bilangan positif negatif. Hal ini dapat diketahui bahwa dengan menggunakan kartu bilangan siswa lebih mudah dalam memahami perkalian bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa dalam melakukan operasi hitung perkalian dapat tercapai.
Keywords
Desain didaktis, konsep perkalian bilangan bulat, hambatan belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.