Hubungan Metode Demonstrasi Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD

Winda Eka Wati

Abstract

Penggunaan metode demonstrasi dalam penelitian ini bertujuan menciptakan pembelajaran  yang lebih berkualitas dari sebelumnya, dimana siswa terlibat aktif dan menyenangkan atau dengan kata-kata lain terciptanya sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Peneliti terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) Perencanaan Tindakan . (2)  Pelaksanaan , (3) Observasi, (4) Refleksi. Subyek peneliti adalah Siswa Kelas IV SD Negeri Sukodadi II, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 15 siswa. Hasil penelitian  dimulai dari prasiklus yang memperoleh nilai rata-rata 60,3. Setelah diadakan perbaikan dalam pembelajaran terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I, nilai rata- rata hasil belajar siswa naik menjadi 65,3. Dalam siklus II, 100% siswa mendapat nilai diatas standart minimal atau KKM dengan nilai rata-rata 74,0. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SD Negeri  Sukodadi II telah tuntas dalam belajarnya. Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi  dapat meningkatkan kemampuan memahami dan membuktikan konsep perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri Sukodadi II Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

Keywords

Metode demonstrasi. perubahan wujud benda. pembelajaran ilmu pengetahuan alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.