Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Dengan Minat Belajar Siswa

Relly Misire

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan bahwa guru membutuhkan contoh media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui prosedur penelitian dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan. Jenis penelitian yaitu penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini terdapat 9 langkah yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk sampai menghasilkan produk uji pemakaian yang berupa media pembelajaran Powerpoint. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas VI A SD Negeri Inpres II Koya Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil akhir belajar siswa.Hasil akhir berupa tes tertulis digunakan untuk menganalisis  minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran yang disajikan dan dikemas dalam bentuk power point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran power point layak digunakan dalam pembelajaran dan sangat berpengaruh pada minat belajar siswa yang otomatis berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa.

Keywords

Media Pembelajaran, Powerpoint, minat belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.