Penggunaan Permainan Arisan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS tentang Perkembangan Teknologi di Sekolah Dasar
Abstract
Guru harus selalu berpikir kreatif agar dapat melaksanakan pembelajaran yang menuntut siswa aktif, membangun suasana kelas semakin hidup sehingga siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa yang lainnya. Namun dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan pada siswa kelas IV SDN 17 Sadaniang setelah proses pembelajaran berakhir masih ada siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran dengan baik, hal ini tercermin dari perolehan nilai evaluasi. tujuan perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi “Perkembangan Teknologi” melalui penggunaan permainan arisan. Pelaksanan perbaikan dilakukan di kelas IV SDN 17 Sadaniang, Kabupaten Sadaniang dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 11 orang siswa laki – laki dan 13 orang siswa perempuan dengan materi “Perkembangan Teknologi” pada mata pelajaran IPS. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 tahap, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Penggunaan permainan arisan dalam proses pembelajaran IPS tentang “Perkembangan Teknologi” mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 17 Sadaniang, terbukti dari hasil evaluasi belajar siswa yang memperoleh nilai diatas KKM pra siklus (10 orang 42%), siklus 1 (19 orang 79%), dan siklus 2 (21 orang 87,5%).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.