Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Nilawati Nilawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IVA SD Inpres 3 Tatura Palu dengan penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 3 Tatura Palu tahun ajaran 2018/2019 semester genap dengan jumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi baik untuk guru maupun siswa, tes tulis dengan menggunakan instrumen lembar butir soal. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus 1 nilai rata- rata hasil belajar siswa adalah 78,96 dan siklus 2 terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 89,58; observasi aktivitas belajar siswa memperoleh hasil rata-rata pada siklus 1 sebesar 26 kategori cukup baik dan siklus 2 sebesar 33 kategori baik. Observasi aktivitas guru pada siklus 1 rata-rata 33 kategori baik dan siklus 2 rata-rata 34 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IVA SD Inpres 3 Tatura Palu.

Keywords

pendekatan saintifik, hasil belajar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.