Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Kata
Abstract
Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SDN Gelaran 1 Kecamatan Karangmojo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu kata. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah 28 siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 43% dan hasil belajar siswa pada siklus II dalam peningkatan kegiatan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media kartu kata mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% dan telah memenuhi batas pencapaian indikator keberhasilan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.