Penggunaan QR Barcode dalam Pembelajaran Daring

Purwanto Purwanto

Abstract

Salah satu perkembangan media pembelajaran yang dapat sejalan dengan perkembangan industri 4.0 adalah media pembelajaran tidak hanya disajikan dalam bentuk link, tetapi juga terintegrasi dengan menggunakan QR barcode.  QR barcode merupakan salah satu media berbasis ICT yang dikembangkan sebagai alat pemindai kode yang sangat cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan QR barcode sebagai media dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui survei pengguna dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan QR barcode dalam proses pembelajaran daring mudah dipahami, dapat mempengaruhi siswa untuk termotivasi dalam proses pembelajaran online dan menumbuhkan lingkungan belajar yang mandiri. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukan 93,1% siswa dari jumlah total berada pada posisi nilai diatas kompetensi minimal.

Keywords

pembelajaran daring, media pembelajaran, QR barcode

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.