Hasil Belajar IPA pada Materi Organ Tubuh Manusia dengan Menggunakan Media Torso
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk dapat menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah. Guru setidaknya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang walaupun sederhana dapat bersahaja, tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Pada umumnya pembelajaran IPA di kelas menggunakan media konvensional yaitu papan tulis sehingga praktiknya kurang efektif, misalnya seorang guru mengajar mata pelajaran IPA dengan mata pelajaran organ tubuh manusia. Dan hasil yang diperoleh siswa tentunya berbeda dengan guru yang menggunakan media saat pembelajaran karena siswa akan lebih paham dan perhatian siswa akan lebih tinggi. Salah satunya adalah media yang digunakan guru untuk menarik perhatian siswa dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan media batang tubuh. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi pembelajaran IPA organ tubuh manusia dengan menggunakan media batang tubuh.
Keywords
Torso, pembelajaran sains, sekolah dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.