Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Penerapan Teknik Brainstorming
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita melalui penerapan teknik brainstorming. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah format observasi perilaku guru dan respon siswa, rubrik penilaian, dan dokumentasi pembelajaran. Proses/tindakan dan hasil belajar siswa pada setiap siklus dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis cerita siswa setelah penerapan teknik brainstorming. Peningkatan keterampilan siswa terlihat pada pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II yang menunjukkan adanya perubahan perilaku dan hasil belajar siswa ke arah yang lebih positif. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70 dari kondisi pada siklus I (45,71%) menjadi kondisi setelah siklus II diputuskan berakhir (85,71%). Peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70 sebesar 40%.)
Keywords
brainstorming, mengungkapkan pendapat, penghargaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.