Pembelajaran Inovatif Materi Geometri di Sekolah Dasar dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education)

Sutirah Sutirah

Abstract

Rendahnya pencapaian belajar peserta didik dalam matematika bukan semata-mata karena materinya yang sulit, tetapi juga disebabkan karena proses pembelajarannya yang kurang menarik dan tidak dapat dimengerti oleh peserta didik. Isu pembelajaran saat ini adalah pembelajaran yang terpusat pada keterlibatan peserta didik secara aktif. Tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah masih berjalan secara konvensional. Umumnya, banyak guru masih mendominasi pembelajaran, sehingga aktivitas peserta didik cenderung pasif dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang memuaskan. Geometri merupakan cabang dari matematika dan menjadi salah satu materi pelajaran dalam matematika di sekolah dasar. Pembelajaran ini tidak bisa hanya dilakukan dengan transfer pengetahuan atau ceramah saja, tetapi harus dilakukan dengan pembentukkan konsep melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan langsung oleh peserta didik.Salah satu model pembelajaran yang memuat aktivitas-aktivitas eksplorasi, penemuan, pemecahan masalah, dan mengikuti pikiran orang lain yaitu model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education atau pendidikan matematika realistik. Pendekatan RME yang mempertimbangkan kondisi lokal (budaya, lingkungan, atau konteks) menunjukkan bahwa peserta didik tidak lagi takut untuk mengungkapkan ide-ide mereka, berani untuk memberikan pemecahan masalah yang berbeda dengan teman sebayanya, dan menumbuhkan kreativitas mereka dalam memecahkan suatu masalah secara kolaboratif. 

Keywords

Matematika, Geometri, Pendidikan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.