APPLICATION OF SAS METHOD IN IMPROVING BEGINNING READING ABILITY IN ELEMENTARY SCHOOL
Abstract
Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal (kelas rendah) untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Kemampuan membaca yang diperoleh siswa di kelas awal akan menjadi dasar pembelajaran membaca di kelas berikutnya. Pentingnya membaca permulaan di kelas rendah adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Mengingat pentingnya kemampuan membaca permulaan bagi perkembangan siswa, maka cara mengajar membaca haruslah memilih metode yang sesuai. Metode SAS merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Metode ini dilaksanakan dengan langkah-langkah berlandaskan proses operasionalnya dengan urutan: Struktural menampilkan keseluruhan, Analitik melakukan proses penguraian, Sintetik melakukan penggabungan kembali kepada bentuk struktural semula.
Keywords
Penerapan, Metode SAS, membaca permulaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.