Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Alternatif Di Kelas IV Dengan Menerapkan Model Discovery Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan efektifitas penggunaan Model Discovery Learning untuk perbaikan mutu pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa dan guru kelas IV SDN 3 Wawonii Tenggara tahun 2019. Hasilnya: (1) Untuk pembelajaran IPA kelas IV SDN 3 Wawonii Tenggara dibutuhkan Pemelajaran model Model Discovery Learning. (2) Penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep Pada Materi Energi Alternatif. (3) Perbaikan pembelajaran IPA kelas IV SDN 3 Wawonii Tenggara dapat dilakukan melalui PTK sehingga proses pembelajaran maupun hasilnya meningkat lebih bermutu. (4) Kendalanya adalah keterbatasan waktu, bahan / alat peraga, serta kemampuanĀ guru dan siswa. Kesimpulan: Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas IV SDN 3 Wawonii Tenggara dalam meningkatkan pemahaman Pada Materi Energi Alternatif melalui Model Discovery Learning perlu dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan pembelajaran IPA.
Keywords
Hasil belajar, discovery learning, Pembelajaran IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.