Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Media Power Point Interaktif Di Kelas V SD Negeri 2 Penanggungan Tahun Pelajaran 2020/2021

Sukesi Sukesi

Abstract

Pada proses pembelajaran minat belajar memengaruhi hasil belajar siswa. Maka rendahnya
hasil belajar siswa dapat dipengaruhi karena kurangnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dampak penerapan media interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan media Power Point Interaktif pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Penanggungan dan mengetahui dampak penerapan media interaktif terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan media Power Point Interaktif  pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Penanggungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Prosedur umum penelitian ini melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara minat belajar dan hasil belajar tematik menggunakan media power point interaktif di kelas V dengan tingkat korelasi rendah yaitu 53 %.Nilai sumbangan efektif variabel minat belajar terhadap hasil belajar tematik yaitu 89 %. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 2 Penanggungan tahun pelajaran 2020/2021.

Keywords

Minat belajar, hasil belajar, tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.