Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Kelas V SD Negeri Kiara II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kiara II Kecamatan Cilamaya Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kiara II yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Kiara II setelah menggunakan model pembelajaran scramble pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran scramble, siswa yang mencapai nilai ≥70 sebesar 60,80% atau sebanyak 14 dari 23 siswa pada siklus I dan meningkat menjadi 91.30% atau 21 dari 23 siswa pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Kesimpulannya menurut data hasil belajar dari setiap siklus model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tindakan penelitian diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.
Keywords
Hasil belajar, pkn, model pembelajaran scramble
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.