Evaluasi Daring Menggunakan Quizizz Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Purwati Purwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran matematika daring menggunakan platform quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas 4 SD Negeri 3 Margorejo sebanyak 21 siswa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tahap implementasi dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran daring selama masa pandemi dalam program belajar dari rumah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi yang disajikan menggunakan platform quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan siswa dari kategori rendah menjadi kategori cukup disiplin. Secara kategori peningkatan tidak tampak signifikan, tetapi secara kuantitatif terjadi peningkatan sebesar 30,75%. Dengan kata lain, rata-rata kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas mengalami peningkatan setelah menggunakan platform quizizz. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa platform quizizz dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika.

Keywords

Kedisiplinan, pandemi, quizizz, pembalajaran daring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.